free counters

Klasifikasi Flourish

| |
Artikel ini saya tulis menanggapi pertanyaan beberapa teman saya via Facebook. Pada dasarnya, Card Flourish atau disebut juga dengan Card Manipulation adalah sebuah seni untuk memainkan kartu secara indah dengan berbagai gerakan tertentu.
Berdasarkan video "Bone Ho : XCM Collection", Card Flourish bisa digolongkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut :
1. Cuts

Cuts adalah suatu bagian dari flourish dimana satu pak kartu dibagi menjadi beberapa paket, kemudian paket-paket itu dimanipulasi (diputar, diacak, dimainkan) satu sama lain dengan gerakan yang indah, lancar, ataupun cepat.
Cuts bisa dibagi menjadi dua golongan

a. One Handed Cuts : Melakukan Cuts dengan satu tangan. Contoh : Charlier Cut, Revolution Cut, Scissors Cut.


b. Two Handed Cuts : Melakukan Cuts dengan dua tangan. Contoh : Sybil Cut, Swivel Cut, Blind Swivel Cut


Ada juga istilah "False Cut", yaitu melakukan cuts tanpa merubah urutan kartu pada deck. Gerakan ini biasanya sering dimanfaatkan dalam card magic.

2. Fans



Fans adalah suatu gerakan membentuk sebuah kipas (Setengah atau tiga perempat lingkaran) dari kartu di tangan anda. Sangat populer dalam classic magic. Contoh gerakan fans adalah Thumb Fan, One Handed Fan, Flower Fan, Split Fan, Giant Fan, dan lain-lain.
Untuk mempermudah gerakan fan, disarankan untuk memakai kartu yang masih fresh dan dalam kondisi terbaik. Ada pula "Fanning Powder", semacam serbuk yang dapat ditaburkan di kartu untuk mempermudah anda dalam melakukan fan.

3. Spreads



Menebarkan kartu di atas sebuah alas secara rata. Contohnya paling dasar adalah Ribbon Spread. Selain itu masih ada pula Circular Spread, Arm Spreads, dan lain-lain.
Untuk bisa melakukan Fan secara sempurna, disarankan untuk mempelajari Spreads lebih dahulu.

4. Aerials



Memainkan/ Melempar kartu ke udara dan menangkapnya lagi. Salah satu gerakan tersulit dengan resiko gagal paling besar dalam kategori Card Flourish. Namun apabila anda bisa melakukannya dengan sempurna, pertunjukan anda akan berkali-kali lipat terlihat lebih sempurna.
Contoh : Boomerang Card, Long Distance Spinner, Hot Shot, Dribbling

5. Displays



Display biasanya menjadi satu kesatuan dengan Cuts. Definisi dari display sendiri adalah memamerkan beberapa paket kartu dalam sebuah konfigurasi (bentuk) tertentu di antara jari-jari anda. Display yang baik adalah display yang diperoleh dari sebuah Cuts yang baik (lancar, cepat). Biasanya, performer akan berhenti beberapa saat untuk menunjukkan displaynya.
Display terdiri dari 3 bagian :
a. Opening, di mana suatu cut dilakukan untuk memperoleh sebuah display.
b. Displaying, gerakan utama, berhenti sesaat untuk mempertunjukkan kartu.
3. Closing, menutup display dan mengembalikannya lagi menjadi satu pak kartu.
Contoh : The Werm, Dragon Display, Exodus Display, Angel Display, Eye Cut Display

6. Shuffles



Gerakan mengacak dan mengocok satu pak kartu, bertujuan untuk mengubah susunan dan urutan kartu dalam sebuah deck. Dikenal pula istilah "False Shuffle", di mana kartu dikocok tanpa merubah urutannya.
Contoh : Riffle Shuffle, Overhand Shuffle, Hindu Shuffle, Faro Shuffle, etc.

7. Vanishing and Production



Sangat sering dimainkan oleh Rhomedal di acara The Master, di mana kartu seolah-olah dimunculkan dan dihilangkan ke/ dari udara kosong. Untuk dapat melakukan teknik ini dengan sempurna, disarankan untuk menggunakan kartu khusus untuk manipulasi, biasanya disebut dengan "Manipulation Deck".
Contoh : Backpalm Production, Tenkai Palm
Itu tadi adalah penggolongan card flourish. Yang perlu diingat adalah, Card Magic dan Card Flourish bagaikan sebuah piano dan biola. Keduanya bagaikan dua instrumen yang berbeda. Bisa dimainkan secara terpisah, dan apabila keduanya dimainkan secara bersamaan, anda akan mendapatkan sebuah orkestra yang indah.
Keep doing magic!

0 komentar:

Posting Komentar

sopan santun adalah yg utama

daftar halaman

klik daftar dpt uang........

Klik salah satu Untuk menutup

Cari Blog Ini